City of Light, Kota Wisata Paling Populer di Dunia (Paris, Perancis)

Perancis merupakan negara yang sangat populer dengan kekayaan tradisi dan pariwisatanya. Negara ini merupakan salah satu negara maju dengan jumlah penduduk sebesar 61 juta jiwa. Perancis sering disebut juga dengan l’hexagon karena bentuknya yang heksagonal. Sekarang ini bentuk negara Perancis adalah republik yang dipimpin oleh seorang presiden, walaupun dalam sejarahnya Perancis merupakan negara monarki yang kuat. Perancis beribukotakan sebuah kota yang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata paling diinginkan di dunia. Tidak kurang dari 30 juta orang berkunjung ke kota ini setiap tahunnya.

Paris yang dikenal dengan julukan city of light adalah kota dengan jumlah penduduk lebih dari dua juta jiwa. Kota ini berkembang dari pinggiran sungai seine. Wilayah administrasi Kota Paris dibagi atas dua puluh bagian yang dibagi melingkar seperti ular, dengan wilayah bagian kota satu berada tepat di pusat kota. Paris sendiri apabila dilihat dari atas maka akan terbagi menjadi dua bagian besar yang disebut dengan à gauche yaitu bagian kiri dan à droit yang berarti kanan yang terbelah oleh aliran Sungai Seine. Keberadaan sungai ini amat dipertahankan oleh pemerintah setempat sebagai salah satu Landmark kota selain tour eiffel, museum Lovre, Arc de Triomphe, dan masih banyak lainnya.

DSCN0652

DSCN0943

DSCN2231

Paris memiliki sejarah yang cukup panjang, berbagai peristiwa pernah merubah kota ini. Paris pada masa penguasaan kerajaan merupakan pusat aktivitas pemerintahan. Pada awal perkembangannya kota ini berkembang ke arah kanan Sungai Seine, yang kemudian dikembangkan di kedua sisi sungai pada tahun 1190 dengan Louvre sebagai benteng barat. Kawasan kanan diperuntukkan bagi pusat perdagangan dan jasa yang berpusat di Les Halles, sedangkan sisi kiri merupakan kawasan yang diperuntukkan sebagai kawasan pendidikan dengan universitas pertama yaitu Sorbonne yang sekarang telah menjadi pilihan banyak pelajar untuk melanjutkan studinya.

Revolusi industri yang melanda sebagian besar kota-kota di Eropa juga membawa perubahan besar pada Kota Paris. Keadaan ini membawa urbanisasi besar-besaran menuju ke kota ini, dimana peristiwa ini membuat Paris mengalami perluasan wilayah untuk menampung lonjakan penduduk. Perkembangan yang semakin pesat ini membuat Paris harus merombak berbagai infrastruktur demi pemenuhan kebutuhan penduduknya, antara lain pelebaran jalan serta pembangunan berbagai fasilitas publik. Pada tahun 1900 jaringan transportasi kereta pertama diresmikan dengan nama Métro yang terus berkembang hingga sekarang.

Kini Paris telah berkembang menjadi kota metropolitan dengan luas 86,9 km2. Kota ini memiliki jumlah bangunan bersejarah yang amat terjaga hingga sekarang. Bangunan-bangunan bersejarah abad pertengahan mudah ditemukan di Paris. Salah satu faktor penting dalam perawatan gedung-gedung bersejarah ini adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Pengguna bangunan dapat merubah bagian dalam bangunan menjadi interior modern, namun tidak boleh merubah bentuk bangunan asalnya. Kota ini merupakan representasi kota dengan sejarah dan modernitas yang berdampingan. Lebih lanjut kota ini merupakan museum besar yang menceritakan sejarah melalui arsitekturnya. Oleh karena itu, Kota Paris sering disebut dengan kota pusat seni dan intelektual.

Kota Paris terbagi atas 20 bagian kawasan yang hampir mirip dengan sistem kecamatan dan kelurahan di Indonesia. Setiap kawasan ini memiliki satu pusat pemerintahan yang bertanggung jawab pada perkembangan kawasan tersebut. Dan secara lebih luas Paris merupakan zona pertama dari enam zona yang terdapat di Ile-de France. Kota yang populer dengan menara Eiffel ini dilengkapi dengan berbagai infrastruktur dan fasiitas yang membuat nyaman masyarakat serta wisatawan yang datang. Salah satunya adalah keberadaan jaringan transportasi yang matang dan menjangkau seluruh kawasan di Paris. Jaringan transportasi ini merupakan salah satu yang paling tua di dunia bersama dengan Kota San Fransisco di Amerika Serikat. Dengan keberadaannya baik masyarakat Paris maupun wisatawan tidak akan kesulitan untuk menuju tempat tujuan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s